Search

Memuat...

Kamis, 10 Januari 2013


Adakah Rahasia untuk menjadi seorang penulis yang Hebat? Bisakah kita mempelajarinya agar menjadi seorang penulis yang hebat? Lalu Bagaimanakah caranya menjadi seorang penulis yang hebat itu?

Rahasia Menjadi penulis hebat telah terungkap dan akan segera saya ungkapkan, tapi karena saya belum menjadi seorang penulis yang hebat  maka biarlah Joe Vitale dalam bukunya Hypnotic Writing yang mengatakannya pada Anda. Dan inilah dia Rahasia itu :

rahasia, penulis, cerita, keterampilan
"Meniru"


Meniru bukan hanya bentuk sanjungan yang paling tulus hal itu juga cara ampuh untuk dengan cepat mempelajari keterampilan menulis yang baru.

Mark twain belajar menulis dengan meniru penulis lain. Sang penulis besar itu, ketika masih remaja, biasa menyusun cetakan huruf surat kabar. Proses pencetakan yang membosankan itu memberi Twain kesempatan untuk meniru para penulis. Saat perlahan menyalin berita-berita itu, ia semakin mengetahui dasar-dasar penulisan yang baik.

Steve Allen, sang selebriti radio dan televisi, belajar menulis humor dengan menyalin cerita-cerita lucu. Allen sering ke perpustakaan, meminjam buku-buku humor, dan kemudian menyalin semua cerita lucu di dalamnya ke kartu-kartu indeks. Karena Allen harus menyalin setiap kata dengan tangan, ia, seperti Twain, mulai mengetahui rumus tersembunyi menulis.

Bagaimana proses meniru bisa menghasilkan keajaiban seperti itu? Mudah.

Anda mungkin selalu berpergian dengan mengendarai mobil. Pernahkah Anda berjalan kaki di jalanan yang biasa Anda lalui dengan kendaraan? Apakah saat itu anda memperhatikan bahwa Anda melihat, mendengar, dan mengetahui lebih banyak hal tentang jalanan itu?

Ketika Anda melambat, anda memerhatikan semua hal menakjubkan yang biasanya terlewat. Hal serupa terjadi ketika Anda menyalin karya-karya hebat. Anda tiba-tiba jadi tahu apa yang biasanya tidak pernah Anda dengar atau lihat.

Saya meminta murid-murid kursus menulis saya memilih sebuah cerita yang mereka sukai dan menyalinnya kata per kata. Latihan itu memberi mereka pengalaman yang sama dengan Mark Twain dan Steve Allen.
Dengan meniru tulisan hebat, anda belajar cara membuat tulisan hebat. Hal itu membuat anda bisa lebih merasakan hal-hal yang kemungkinan besar juga dirasakan sang penulis ketika sedang menulis cerita tersebut. Hal itu sangat ampuh.

Anda bisa meniru siapapun untuk belajar keterampilan baru. Saya telah mengajari pemain harmonika untuk meniru pemain hebat dengan melambatkan kasetnya dan menyalin setiap nada yang mereka dengar. Dan ketika berusia 16 tahun serta ingin menjadi penulis, saya meniru Jack London dan William Saroyan sampai saya memahami cara mereka menulis mahakarya mereka.

Membaca dan menyalin tulisan yang hebat mirip dengan apa yang dilakukan atlet yang menonton video atlet lain. Seorang pemain ski menonton pemain ski yang ahli menangani lereng yang sulit: pemain tenis menonton film juara tenis: perenang menonton video perenang legendaris. Semua orang itu sedang melatih pikiran dan tubuh mereka guna merekam pola-pola untuk menciptakan kesuksesan.

Seorang penulis tidak bisa menonton video penuis lain dan meniru apa yang dilakukan penulis itu karena menulis merupakan pengalaman batin. Tapi jika Anda mengambil tulisan seorang penulis maestro dan menyalinnya, kata demi kata, Anda akan mulai menghayati berbagai kerumitan tersembunyi yang digunakan untuk membuat tulisan itu.

Meniru bukanlah mencuri (kecuali Anda menjual tiruan itu) Meniru adalah belajar. (Maka karena itulah saya meniru tulisan Joe Vitale dalam postingan di blog saya ini ketika tak ada cerita yang ingin saya ceritakan, hehe)
Semakin banyak membaca tulisan yang ampuh, dan semakin banyak menyalinnya dengan tangan anda sendiri, semakin banyak pula Anda melatih pikiran untuk membuat tulisan yang sulit ditolak. 

Tapi, Anda tidak bisa melakukan latihan ini satu kali saja dan melupakannya. Belajar itu tidak pernah selesai Anda mungkin ingin menyisihkan waktu setiap pekan untuk mengajari pikiran anda melaui kekuatan menakjubkan dari meniru.”

.......................

Bagaimana Sob, postingan kali ini bermanfaat kan? Bukankah anda ingin menjadi seorang penulis yang hebat?

Saya sendiri sengaja menulis konten di blog saya ini dengan “menyontek” tulisan orang lain karena saya sedang belajar menulis seperti mereka, jadi mengapa Anda tidak? Saya sendiri terinspirasi “Meniru adalah belajar” itu benar, ketika saya belajar silat dahulu kala,saya meniru guru silat saya memperagakan jurus nya dan akhirnya saya pun menguasai jurusnya dan mampu menciptakan jurus saya sendiri.  

Nah bagi Anda yang mau mengetahui jurus lain dari Joe Vitale tentang menulis dan Hypnotic Writing sebaiknya teruslah berkunjung ke blog saya ini atau belilah bukunya itu yang seharga 62 ribu di toko buku. Pilihan ada di tangan anda, tapi saya tidak hanya akan memposting karya joe vitale saja,  saya memiliki lebih dari seratus buku bagus, kebanyakan Best Seller, yang ingin saya salin ke blog ini, itung-itung belajar kan boleh.


Nb alias Nambah: karena anda tetap setia membaca blog saya ini, maka saya akan memberikan sebuah BONUS untuk anda, silakan Download disini Gratis. Bacalah dan Gunakanlah sebagai latihan anda menulis, dengan meniru tulisannya. Semoga Bermanfaat!


Categories:

0 komentar:

Poskan Komentar

Bookmark and Share

 Subscribe in a reader

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner